9.Sumpah Pemuda 1928
A.     Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling benar!
1.Ikrar Sumpah Pemuda adalah hasil keputusan dari kerapatan tanggal 28 Oktober 1928, dalam...
a.       Kongres Sumpah Pemuda                                c. Kongres Pemuda II
b.      Kongres Pemuda I                                           d. Rapat Pemuda Indonesia
2.Pada tanggal 28 Oktober 1928 Bahasa Indonesia diikrarkan sebagai ...
a.       Bahasa nasional                                               c. Bahasa daerah
b.      Bahasa negara                                                  d. Bahasa persatuan
3.Perhatikan nama-nama tokoh di bawah ini!
1) Moehammad Yamin
2) Mr. Soenario
3) Amir sjarifuddin
4) Ir. Soekarno
5) Soegondo Djojopoespito
Nama tokoh yang terlibat dalam penyusunan teks Sumpah Pemuda ditunjukkan pada nomor ...
a.       1, 2, 3                                                              c. 3, 5, 1
b.      2, 4, 1                                                              d. 1, 2, 5
4.Rumusan Sumpah Pemuda ditulis pada selembar kertas oleh ...
a.       Soegondo Djojopoespito                                  c. Moehammad Yamin
b.      Mr. Soenario                                                    d. Amir Sjarifuddin
5.Lagu kebangsaan Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan dalam peristiwa ...
a.       Kebangkitan Nasional                                      c. Rengasdengklok
b.      Sumpah Pemuda                                              d. Proklamasi Kemerdekaan
6.Perhatikan Pernyataan Berikut ini
1)      Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah  dan kejuruan.
2)      Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya.
3)      Mendirikan sekolah umum
4)      Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.
Tiga tujuan Trikoro Dharmo ditunjukkan dengan nomor ...
a.       1, 2 dan 3                                                        c. 1, 3 dan 4
b.      1, 2 dan 4                                                        d. 2, 3 dan 4
7.Makna kalimat pertama dalam Sumpah Pemuda adalah ...
a.       Mengakui pemuda dan pemudi Indonesia       c.  Mengakui tanah air Indonesia
b.      Mengakui Bangsa Indonesia                            d.  Mengakui Bahasa Indonesia
8.Yang bukan merupakan isi Sumpah Pemuda adalah ...
a.       Satu tanah air, tanah air Indonesia                   c. Satu bangsa, bangsa Indonesia
b.      Satu bendera, bendera merah putih                  d. Menjungjung bahasa persatuan bahasa Indonesia
9.Perhatikan Pernyataan Berikut ini
(1) bahasa resmi kenegaraan,
(2) pengantar pendidikan,
(3) komunikasi internasional,
(4) pengembangan kebudayaan nasional,
(5) transaksi dan dokumentasi niaga,
(6) sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
(7) bahasa media massa
Fungsi Bahasa Indonesia ditunjukkan pada nomor ….
a.       (1),( 2), (4), (5), (6) dan (7)                             c. (1),( 2), (3), (4), (6) dan (7) 
b.       (1),( 2), (3), (4), (5) dan (6)                            d. (2),( 3), (4), (5), (6) dan (7)            
10.Makna Sumpah Pemuda adalah….
a.       Memperkukuh persatuan dan kesatuan            c. Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa lain
b.      Terusirnya penjajah dari bumi Indonesia         d. Hapusnya kebodohan dan kemiskinan bangsa
11.Pengaruh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah..
a.       Memperkuat semangat dan tekat para pemuda untuk bersatu
b.      Membangkitkan kesadaran nasional
c.       Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia
d.      Mempercepat proses kemerdekaan indonesia
12.Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas adalah tokoh penting dalam peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, yaitu ...
a.       Soegondo Djojopeospito                                  c. R.M. Djoko Marsaid
b.      Mr. Sunario                                                      d. W.R. Supratman
13.Contoh peran pemuda dalam perjuangan menuju kemerdekaan adalah ....
a.       Ikut serta dalam berbagai kegiatan melalui organisasi pemuda
  1. Mengikuti perkembangan kepemudaan di dunia
  2. Pemuda selalu sadar akan peran dan jati dirinya
  3. Dicetuskannya ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928
14.Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena....
a.       Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika
  1. Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun.
  2. Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampumenghilangkan keanekaragaman
  3. Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat
15.Di bawah ini yang bukan merupakan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, adalah ....
a.       Cinta Bangsa dan Tanah Air                            c. Mengutamakan Persatuan
  1. Sikap Rela Berkorban                                      d. Menolak adanya perbedaan
16.Perhatikan contoh nilai-nilai kehidupan di bawah ini:
       (1)   Melaksanakan upacara dengan khidmat.
       (2)   Mengamalkan sikap kesetiakawanan sosial di lingkungan.
       (3)   Mempertahankan pendirian dengan berbagai cara.
       (4)   Memelihara kerukunan dengan sesama warga masyarakat.
       (5)   Menghayati dan memahami makna lagu-lagu perjuangan.
       Contoh perilaku yang menampilkan nilai-nilai patriotisme dalam kehidupan antara lain ....
a.       (1), (2), (3), dan (4)                                                 c. (1), (2), (4), dan (5)
b.      (1), (2), (3), dan (5)                                                 d. (1), (3), (4), dan (5)    
17.Belajar dari peristiwa Sumpah Pemuda, ada catatan sejarah yang sangat berharga. Butir-butir kalimat dalam Sumpah Pemuda tidak hanya disusun untuk menggerakkan para pemuda dalam meraih cita-cita kemerdekaan, akan tetapi ada hal lain yang sangat penting yaitu dapat ....
a.       Mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.
b.      Membuat penjajah gentar dan harus menggunakan beragam strategi perang.
c.         Meningkatkan semangat untuk membangun kehidupan bernegara.
d.         Mendamaikan para pemuda untuk melawan para penjajah.
18.Dengan semangat Sumpah Pemuda, kita harus mencintai tanah air dengan...
a.       Mengembangkan kebudayaan daerah              c. Memelihara lingkungan bebas narkoba
b.      Memegang teguh Bhinneka Tunggal Ika          d.  Hidup bersama dengan berbagai suku bangsa
19.Petikan dari Ir Soekarno ”Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.
Kalimat diatas mengandung makna ...
a.       Perubahan daerah, dan dunia dipengaruhi potensi penduduknya
b.      Perubahan diberbagai daerah tergantung pada potensi pemuda
c.       Pemuda adalah tulang punggung bangsa
d.      Keberhasilan pembangunan bukan karena pemuda
20.Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia ...
a.       16 (enam belas) sampai 25 (dua puluh lima) tahun
b.      16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun
c.       17 (tujuh belas) sampai 25 (dua puluh lima) tahun
d.      17 (tujuh belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun
21.Bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan diatur dalam UUD 1945 pada ...
a.       Bab XIV                                                          c. Bab XVI
b.      Bab XV                                                           d. Bab XVII
22.Berdasarkan ketentuan, Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar ....
a.       1/3 (satu-pertiga) dari panjang             c. 3/3 (tiga-pertiga) dari panjang
b.      2/3 (dua-pertiga) dari panjang                          d. 4/3 (empat-pertiga) dari panjang
23.Dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, angkatan 1928 sering disebut sebagai ...
a.       Angkatan Perintis                                             c. Angkatan Pencoba
b.      Angkatan Penegas                                            d. Angkatan Penerus
24.Contoh perbuatan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan, yaitu ...
a.       Ikut kerja bakti di sekolah
b.      Bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak
c.       Membantu korban bencana alam
d.      Mobilisasi umum bila negara dalam bahaya
25.Burung Garuda merupakan Lambang Negara Republik Indonesia. Di dalam perisainya terdapat simbol-simbol yang melambangkan sila-sila Pancasila. Simbol rantai pada lambang Garuda Pancasila melambangkan sila ...
a.       Ketuhanan Yang Maha Esa
b.      Kemanusiaan yang adil dan beradab
c.       Persatuan Indonesia
d.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
26.Lambang Negara Indonesia berbentuk Burung Garuda yang kepalanya menoleh lurus ke sebelah kanan. Lambang tersebut dirancang oleh ...
a.       Sultan Hamid II                                               c. Ir. Soekarno
b.      Moh. Hatta                                                       d. RM. Ng. Poerbatjaraka
27.Semangat dan nilai-nilai Sumpah Pemuda dapat dijiwai melalui perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semangat Sumpah Pemuda menjadi semangat positif untuk menjaga keutuhan dan persatuan Bangsa Indonesia. Untuk itu kita perlu menunjukkan perilaku masyarakat Indonesia yang dijiwai nilai Sumpah Pemuda. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda adalah ....
a.       Menunjukkan jiwa yang besar hati ketika mengalami kekalahan dalam persaingan prestasi
b.      Melakukan voting untuk mempermudah penyelesaian masalah
c.       Gotong royong dalam melakukan tindak kejahatan
d.      Menunjukkan sikap santun kepada orang yang lebih tua dan terhormat saja
28.Toleransi merupakan salah satu semangat yang dapat dijiwai dari peristiwa Sumpah Pemuda. Jika ada umat beragama lain menjalankan ibadah, sementara kamu merupakan penganut agama yang berbeda, sikap yang harus kamu tunjukkan sesuai dengan semangat toleransi dari Sumpah Pemuda adalah ....
a.       Mengajak umat beragama lain untuk tidak melakukan ibadah
b.      Mengajak umat beragama lain mengikuti agamanya dengan paksaan
c.       Menunjukkan sikap menghormati dan memberikan kesempatan untuk beribadah
d.      Membantu melaksanakan ibadah agar mendapatkan pujian bahwa memiliki sikap toleransi yang tinggi.
29.Di bawah ini yang bukan merupakan identitas Bangsa Indonesia yang berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa adalah ....
a.       Kebudayaan yang beraneka ragam                              c. Bendera Merah Putih
b.      Lagu Kebangsaan Indonesia Raya                               d. Lambang Negara Burung Garuda
30.Makna Sumpah Pemuda yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar adalah ....
a.       Menyontek saat ulangan semester
b.      Menaati peraturan ketika ada guru
c.       Mendengarkan dan memahami dengan saksama pembelajaran dari guru
d.      Mengikuti ekstrakurikuler yang wajib agar mendapatkan nilai tambahan

Komentar

Postingan populer dari blog ini