9.Sumpah Pemuda
1928
A.
Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling benar!
1.Ikrar Sumpah Pemuda adalah hasil keputusan dari kerapatan tanggal 28
Oktober 1928, dalam...
a.
Kongres Sumpah Pemuda c.
Kongres Pemuda II
b.
Kongres Pemuda I d.
Rapat Pemuda Indonesia
2.Pada tanggal 28 Oktober 1928 Bahasa Indonesia diikrarkan sebagai
...
a.
Bahasa nasional c.
Bahasa daerah
b.
Bahasa negara d. Bahasa persatuan
3.Perhatikan nama-nama tokoh di bawah ini!
1) Moehammad Yamin
2) Mr. Soenario
3) Amir sjarifuddin
4) Ir. Soekarno
5) Soegondo Djojopoespito
Nama tokoh yang terlibat dalam penyusunan teks Sumpah Pemuda ditunjukkan pada nomor ...
1) Moehammad Yamin
2) Mr. Soenario
3) Amir sjarifuddin
4) Ir. Soekarno
5) Soegondo Djojopoespito
Nama tokoh yang terlibat dalam penyusunan teks Sumpah Pemuda ditunjukkan pada nomor ...
a.
1, 2, 3 c.
3, 5, 1
b.
2, 4, 1 d.
1, 2, 5
4.Rumusan Sumpah Pemuda ditulis pada selembar kertas oleh ...
a.
Soegondo Djojopoespito c. Moehammad
Yamin
b.
Mr. Soenario d. Amir
Sjarifuddin
5.Lagu kebangsaan Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan dalam
peristiwa ...
a.
Kebangkitan Nasional c.
Rengasdengklok
b.
Sumpah Pemuda d. Proklamasi
Kemerdekaan
6.Perhatikan Pernyataan Berikut ini
1)
Mempererat tali persaudaraan antar
siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah
dan kejuruan.
2)
Menambah pengetahuan umum bagi
anggotanya.
3)
Mendirikan sekolah umum
4)
Membangkitkan dan mempertajam
peranan untuk segala bahasa dan budaya.
Tiga tujuan Trikoro Dharmo ditunjukkan dengan nomor ...
a.
1, 2 dan 3 c. 1, 3 dan 4
b.
1, 2 dan 4 d. 2, 3 dan 4
7.Makna kalimat pertama dalam Sumpah Pemuda adalah ...
a.
Mengakui pemuda dan pemudi Indonesia c.
Mengakui tanah air Indonesia
b.
Mengakui Bangsa Indonesia d.
Mengakui Bahasa Indonesia
8.Yang bukan
merupakan isi Sumpah Pemuda adalah ...
a.
Satu tanah air, tanah air Indonesia c. Satu bangsa, bangsa
Indonesia
b.
Satu bendera, bendera merah putih d. Menjungjung bahasa
persatuan bahasa Indonesia
9.Perhatikan
Pernyataan Berikut ini
(1) bahasa
resmi kenegaraan,
(2) pengantar
pendidikan,
(3) komunikasi
internasional,
(4)
pengembangan kebudayaan nasional,
(5) transaksi
dan dokumentasi niaga,
(6) sarana
pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
(7) bahasa
media massa
Fungsi Bahasa
Indonesia ditunjukkan pada nomor ….
a.
(1),( 2), (4), (5), (6) dan (7) c. (1),( 2), (3),
(4), (6) dan (7)
b.
(1),( 2), (3), (4), (5) dan (6) d. (2),( 3), (4),
(5), (6) dan (7)
10.Makna Sumpah Pemuda adalah….
a.
Memperkukuh persatuan dan kesatuan c. Indonesia sejajar dengan
bangsa-bangsa lain
b.
Terusirnya penjajah dari bumi
Indonesia d. Hapusnya kebodohan
dan kemiskinan bangsa
11.Pengaruh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia
adalah..
a.
Memperkuat semangat dan tekat para pemuda untuk
bersatu
b.
Membangkitkan kesadaran nasional
c.
Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia
d.
Mempercepat proses kemerdekaan indonesia
12.Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas adalah tokoh penting dalam peristiwa Sumpah Pemuda
pada tanggal 28 Oktober 1928, yaitu ...
a.
Soegondo Djojopeospito c. R.M. Djoko
Marsaid
b.
Mr. Sunario d. W.R.
Supratman
13.Contoh peran
pemuda dalam perjuangan menuju kemerdekaan adalah ....
a.
Ikut serta dalam berbagai kegiatan
melalui organisasi pemuda
- Mengikuti perkembangan kepemudaan di dunia
- Pemuda selalu sadar akan peran dan jati
dirinya
- Dicetuskannya ikrar Sumpah Pemuda tahun
1928
14.Persatuan dan kesatuan bangsa
sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena....
a.
Bangsa Indonesia memiliki semboyan
Bhinneka Tunggal Ika
- Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah
dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun.
- Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa
Indonesia akan mampumenghilangkan keanekaragaman
- Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa
Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat
15.Di bawah ini yang bukan merupakan
nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, adalah ....
a.
Cinta Bangsa dan Tanah Air c. Mengutamakan
Persatuan
- Sikap Rela Berkorban d.
Menolak adanya perbedaan
16.Perhatikan
contoh nilai-nilai kehidupan di bawah ini:
(1) Melaksanakan
upacara dengan khidmat.
(2) Mengamalkan
sikap kesetiakawanan sosial di lingkungan.
(3) Mempertahankan
pendirian dengan berbagai cara.
(4) Memelihara
kerukunan dengan sesama warga masyarakat.
(5) Menghayati
dan memahami makna lagu-lagu perjuangan.
Contoh perilaku yang menampilkan
nilai-nilai patriotisme dalam kehidupan antara lain ....
a.
(1), (2), (3), dan (4) c.
(1), (2), (4), dan (5)
b.
(1), (2), (3), dan (5) d.
(1), (3), (4), dan (5)
17.Belajar dari
peristiwa Sumpah Pemuda, ada catatan sejarah yang sangat berharga. Butir-butir
kalimat dalam Sumpah Pemuda tidak hanya disusun untuk menggerakkan para pemuda
dalam meraih cita-cita kemerdekaan, akan tetapi ada hal lain yang sangat
penting yaitu dapat ....
a.
Mempertegas jati diri bangsa
Indonesia sebagai sebuah negara.
b.
Membuat penjajah gentar dan harus
menggunakan beragam strategi perang.
c.
Meningkatkan semangat untuk
membangun kehidupan bernegara.
d.
Mendamaikan para pemuda untuk
melawan para penjajah.
18.Dengan semangat Sumpah Pemuda, kita harus mencintai tanah air dengan...
a.
Mengembangkan kebudayaan daerah c. Memelihara lingkungan bebas narkoba
b.
Memegang teguh Bhinneka Tunggal Ika d.
Hidup bersama dengan berbagai suku bangsa
19.Petikan dari Ir Soekarno ”Beri aku 1.000
orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda,
niscaya akan kuguncangkan dunia”.
Kalimat diatas mengandung makna ...
Kalimat diatas mengandung makna ...
a.
Perubahan daerah, dan dunia dipengaruhi potensi
penduduknya
b.
Perubahan diberbagai daerah tergantung pada potensi
pemuda
c.
Pemuda adalah tulang punggung bangsa
d.
Keberhasilan pembangunan bukan karena pemuda
20.Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009, pemuda adalah warga
negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan
yang berusia ...
a.
16 (enam belas) sampai 25 (dua puluh
lima) tahun
b.
16 (enam belas) sampai 30 (tiga
puluh) tahun
c.
17 (tujuh belas) sampai 25 (dua
puluh lima) tahun
d.
17 (tujuh belas) sampai 30 (tiga
puluh) tahun
21.Bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan diatur
dalam UUD 1945 pada ...
a.
Bab XIV c. Bab XVI
b.
Bab XV d. Bab
XVII
22.Berdasarkan
ketentuan, Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang
dengan ukuran lebar ....
a.
1/3 (satu-pertiga) dari panjang c. 3/3 (tiga-pertiga) dari panjang
b.
2/3 (dua-pertiga) dari panjang d. 4/3 (empat-pertiga)
dari panjang
23.Dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, angkatan 1928 sering
disebut sebagai ...
a.
Angkatan Perintis c.
Angkatan Pencoba
b.
Angkatan Penegas d.
Angkatan Penerus
24.Contoh perbuatan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara
diatas kepentingan pribadi atau golongan, yaitu ...
a.
Ikut kerja bakti di sekolah
b.
Bergotong royong memperbaiki jalan
yang rusak
c.
Membantu korban bencana alam
d.
Mobilisasi umum bila negara dalam
bahaya
25.Burung Garuda merupakan Lambang Negara Republik Indonesia. Di
dalam perisainya terdapat simbol-simbol yang melambangkan sila-sila Pancasila.
Simbol rantai pada lambang Garuda Pancasila melambangkan sila ...
a.
Ketuhanan Yang Maha Esa
b.
Kemanusiaan yang adil dan beradab
c.
Persatuan Indonesia
d.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat
Indonesia
26.Lambang Negara Indonesia berbentuk Burung Garuda yang kepalanya
menoleh lurus ke sebelah kanan. Lambang tersebut dirancang oleh ...
a.
Sultan Hamid II c.
Ir. Soekarno
b.
Moh. Hatta d. RM. Ng.
Poerbatjaraka
27.Semangat dan nilai-nilai Sumpah Pemuda dapat dijiwai melalui
perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semangat Sumpah Pemuda menjadi
semangat positif untuk menjaga keutuhan dan persatuan Bangsa Indonesia. Untuk
itu kita perlu menunjukkan perilaku masyarakat Indonesia yang dijiwai nilai
Sumpah Pemuda. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda
adalah ....
a.
Menunjukkan jiwa yang besar hati
ketika mengalami kekalahan dalam persaingan prestasi
b.
Melakukan voting untuk mempermudah
penyelesaian masalah
c.
Gotong royong dalam melakukan tindak
kejahatan
d.
Menunjukkan sikap santun kepada
orang yang lebih tua dan terhormat saja
28.Toleransi merupakan salah satu semangat yang dapat dijiwai dari
peristiwa Sumpah Pemuda. Jika ada umat beragama lain menjalankan ibadah,
sementara kamu merupakan penganut agama yang berbeda, sikap yang harus kamu
tunjukkan sesuai dengan semangat toleransi dari Sumpah Pemuda adalah ....
a.
Mengajak umat beragama lain untuk
tidak melakukan ibadah
b.
Mengajak umat beragama lain
mengikuti agamanya dengan paksaan
c.
Menunjukkan sikap menghormati dan
memberikan kesempatan untuk beribadah
d.
Membantu melaksanakan ibadah agar
mendapatkan pujian bahwa memiliki sikap toleransi yang tinggi.
29.Di bawah ini yang bukan merupakan identitas Bangsa Indonesia
yang berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa adalah ....
a.
Kebudayaan yang beraneka ragam c. Bendera Merah
Putih
b.
Lagu Kebangsaan Indonesia Raya d. Lambang Negara
Burung Garuda
30.Makna Sumpah Pemuda yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar
adalah ....
a.
Menyontek saat ulangan semester
b.
Menaati peraturan ketika ada guru
c.
Mendengarkan dan memahami dengan
saksama pembelajaran dari guru
d.
Mengikuti ekstrakurikuler yang wajib
agar mendapatkan nilai tambahan
Komentar
Posting Komentar