13. Karakteristik Daerah dalam NKRI
13. Karakteristik Daerah dalam NKRI
Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d
pada jawaban yang paling benar!
1.
Perjuangan
di setiap daerah mudah dipatahkan karena ....
a.
menggunakan
senjata modern
b.
masih
bersifat kedaerahan
c.
menjalin
persatuan
d.
hanya
bersenjata bambu runcing
2.
Bagi para pendiri dan
rakyat Indonesia dan rakyat Indonesia, NKRI merupakan....
a. negara yang
bisa dipisah-pisahkan
b.
pilihan
yang masih bisa berubah
c.
pilihan
bentuk negara terakhir
d.
keinginan
sekelompok orang saja
3.
Negara
Kesatuan Republik Indonesia bukanlah negara yang berdiri dengan sendirinya,
tetapi melalui ....
a.
pengorbanan
jiwa, raga, dan harta rakyat
b.
pemberian
pemerintah Jepang
c.
hasil
perjuangan sekelompok orang saja
d. perjuangan para
pahlawan semata
4.
Sejak
Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia telah
menyatakan tekad untuk hidup dalam wadah ....
a.
Negara
Republik Indonesia Serikat
b.
Negara
Kesatuan Indonesia
c.
Negara
Kesatuan Republik Indonesia
d.
Negara
Indonesia yang bersatu
5.
Berikut
yang bukan
arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah ....
a.
berdirinya
negara RI
b.
titik
puncak perjuangan bangsa
c.
berlakunya
hukum nasional
d.
mendapatkan
pujian dari negara lain
6.
Mempertahankan
keutuhan bangsa dan negara merupakan ....
a.
kewajiban
pemerintah
b.
tanggung
jawab Polri
c.
kewajiban
WNI
d.
tanggung
jawab militer
7.
Semangat
nasionalisme yang harus dipertahankan untuk mengisi kemerde-kaan adalah ....
a.
persatuan
dan kesatuan
b.
menentang
dominasi asing
c.
pengorbanan
harta benda
d.
percaya
pada diri sendiri
8.
Untuk
turut menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia diperlu-kan
sikap-sikap, kecuali ….
a.
cinta
tanah air
b.
main
hakim sendiri
c.
membina persatuan dan kesatuan
d.
rela
berkorban
9.
Berikut
yang tergolong tindakan menjaga keutuhan Indonesia adalah....
a.
menghormati
teman yang berbeda suku
b.
memusuhi umat agama yang
lain
c.
menebang
hutan dengan semba-rangan
d.
membuat
kerusahan pada hari besar agama lain
10. Wilayah satu tingkat di bawah negara
dinamakan ....
a.
kota
b.
provinsi
c.
kabupaten
d.
kecamatan
1.
Kekayaan
bangsa Indonesia yang berupa ragam budaya merupakan modal dasar untuk
pengembangan budaya ….
a.
|
daerah
|
c.
|
lokal
|
b.
|
asing
|
d.
|
nasional
|
2.
Keanekaragaman
suku bangsa dan budaya Indonesia yang tersebar dalam berbagai daerah di
Indonesia sebaik-nya dilestarikan karena ….
a. daerah
terpencil akan dihilangkan
b. bangsa Indonesia mulai terpecah belah
c. budaya asli bangsa yang menjadi kebanggaan
d. untuk dipamerkan kepada negara tetangga
3.
Manfaat
masyarakat berpartisipasi dalam pengembangan daerah adalah ….
b. meningkatkan kesejahteraan pen-duduk sekitar
c. meningkatkan pengangguran
d. pembangunan daerah menjadi terhambat
e. harga barang di pasar menjadi naik
14.
Berikut
yang termasuk ketentuan otonomi daerah adalah ....
a. pemegang kekuasaan pemerintah daerah
b. kekuasaan tetap milik pemerintah pusat
c. kekuasaan milik negara bagian
d. kekuasaan milik pemerintah daerah
15.
Pemegang kedaulatan Negara
Kesa-tuan Republik Indonesia (NKRI) adalah....
a.
rakyat
Indonesia
b.
penduduk
Indonesia
c.
anggota
DPR
d.
anggota
DPD
16.
Pada
tanggal 14–19 Oktober 1945 terjadi pertempuran sengit antara para pemuda dan
tentara Jepang yang dikenal dengan sebutan ….
a. Bandung Lautan Api
b. Pertempuran Lima Hari di Semarang
c. Pertempuran Ambarawa
d. Pertempuran di Surabaya
17.
Desentralisasi
adalah pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat kepada .…
a.
|
desa
|
c.
|
kelurahan
|
b.
|
daerah
|
d.
|
kecamatan
|
18.
Peristiwa
Bandung Lautan Api terjadi pada tanggal ….
a.
10
November 1945
b.
23 Maret
1946
c.
19
Oktober 1945
d.
15
Desember 1945
19.
Pangeran
Diponegoro melakukan perjuangan melawan penjajah yang dilakukan di daerah ….
a.
|
Mataram
|
c.
|
Jawa
|
b.
|
Makassar
|
d.
|
Aceh
|
20.
Usaha
yang dapat dilakukan oleh pelajar dalam upaya mempertahankan NKRI adalah ….
a. belajar dengan
sungguh-sungguh
b. tolong-menolong antarwarga
c. ikut berperang menyerang musuh
d. memusuhi teman yang tidak sepa-ham
21.
Terjadinya
pemberontakan di daerah-daerah pada masa awal kemerdekaan bertujuan untuk ....
a. balas dendam terhadap pemerintah yang baru
berdiri
b. ingin
menguasai kekayaan alamnya
c. mendirikan negara baru
d. memperjuangkan kepentingan daerahnya
22.
Bupati,
wali kota, dan gubernur merupa-kan aparatur pemerintah sesuai dengan asas ....
a. desentralisasi
b. sentralisasi
c. dekonsentrasi
d. tugas pembantuan
23.
Upaya
untuk mengoptimalkan potensi daerah dengan membuat kebijakan ....
a. otonomi daerah
b. kawasan industri
c. sistem sentralisasi
d. kawasan perkotaan
24.
Bagi perjuangan bangsa
Indonesia, Sumpah Pemuda mempunyai makna ....
a. membangkitkan semangat pantang menyerah
b. meningkatkan persatuan dan kesatuan
c. membangkitkan perlawanan rakyat di Nusantara
d. meneruskan perjuangan di setiap daerah
25.
Kalimat kedua dalam naskah
proklamasi merupakan hasil pemikiran dari ....
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Sayuti Melik
d. Ki Hajar Dewantoro
26.
Contoh
nilai perjuangan pahlawan bangsa sebagai wujud cinta tanah air dan bangsa ialah
....
a. aktif berjuang melawan penjajah setiap saat
b. mengembangkan sikap hemat dan cermat
c. semangat kepahlawanan tanpa mengenal lelah
d. rela
berkorban mengisi kemerdekaan melalui pembangunan
27.
Perjuangan
bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan mempunyai landasan yang kukuh
karena sesuai dengan ….
a. perjuangan bangsa terjajah
b. asas perikemanusiaan dan peri-keadilan
c. aspirasi bangsa
yang ingin merdeka
d. kemajuan dan perkembangan zaman
28. Salah
satu contoh sikap rela berkorban untuk bangsa dan negara yang terkand-ung dalam
Sumpah Pemuda 1928 adalah....
a. mengutamakan persatuan dan kesatuan
b. menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan
c. menghormati hasil karya orang lain
d. menghargai hasil perjuangan para pahlawan
29.
Senjata
yang paling ampuh untuk melawan para penjajah adalah ....
a.
persatuan
dan kesatuan
b.
perjuangan
tanpa pamrih
c.
persenjataan
yang modern
d.
semangat
juang yang tinggi
30.
Pembangunan
manusia Indonesia seutuhnya mengandung pengertian bahwa pembangunan manusia
harus meliputi aspek ....
a.
sosial
budaya
b.
materi
dan spiritual
c.
pendidikan
dan kebudayaan
d.
keadilan
dan kesejahteraan
Komentar
Posting Komentar