3.Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Silanglah huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang benar!
1.
Perhatikan nama-nama tokoh pejuang berikut!
1)
Mr. Mohammad Yamin
2)
Prof. Soepomo
3)
Ir. Soekarno
4)
Drs. Moh. Hatta
Dari tokoh-tokoh pejuang di atas, tokoh
perumus Pancasila yang memberikan pendapatnya dalam sidang BPUPKI ditunjukkan
oleh nomor ....
a.
1), 2), dan 3) c.
2) dan 4)
b.
1) dan 3) d.
4)
2.
Pancasila memberikan corak khas bangsa Indonesia dan menjadi
pembeda yangmembedakan bangsa kita dengan bangsa yang lain, pernyataan ini
merupakanfungsi dan peranan Pancasila sebagai ....
a.
jiwa
bangsa Indonesia c.
kepribadian bangsa Indonesia
b.
perjanjian luhur d. Moral
pembangunan
3.
Pancasila sebagai pandangan hidup
bangsa merupakan ....
a.
norma dasar yang menjadi pedoman
hidup manusia Indonesia
b.
penjabaran dari pola perilaku hidup
manusia Indonesia
c.
cara pandang bangsa Indonesia dalam
menghadapi kemerdekaan
d.
kristalisasi nilai-nilai yang hidup
dalam masyarakat Indonesia
4.
Pancasila sebagai dasar negara
mengandung arti bahwa Pancasila menjadi ....
a.
nilai-nilai yang didalamnya
mengandung unsur-unsur kenegaraan yang tinggi
b.
suatu asas kerohanian yang meliputi
suasana kebatinan atau cita-cita hukum
c.
sumber acuan dalam menyusun etika
kehidupan berbangsa bagi seluruh rakyat Indonesia
d.
landasan politik yang menghindarkan
praktik-praktik politik tak bermoral dan tak bermartabat
5.
Pancasila memiliki makna sebagai
sumber semangat bagi Undang-Undang Dasar 1945, bagi penyelenggara negara, para
pelaksana pemerintahan termasuk juga para pengurus partai politik dan golongan
fungsional. Makna tersebut menunjukkan keduudkan Pancasila sebagai....
a.
dasar negara
b.
pandangan hidup bangsa
c.
ideologi bangsa
d.
cita-cita hidup bangsa
6.
Salah satu maksud dari nilai-nilai
Pancasila bersifat objektif adalah....
a.
bersifat luwes dan dapat
menyesuaikan perkembangan jaman sesuai dengan perkembangan masyarakat
b.
nilai-nilai Pancasila timbul dari
bangsa Indonesia, sehingga bangsa Indonesia sebagai penyebab adanya nilai-nilai
tersebut
c.
objek dari nilai-nilai Pancasila
merupakan kehidupan nyata sehari-hari yang terjadi di masyarakat
d.
rumusan dari sila-sila Pancasila itu
sendiri memiliki makna yang terdalam menunjukkan adanya sifat-sifat yang umum
universal dan abstrak
7.
Salah satu maksud dari nilai-nilai
Pancasila bersifat subjektif adalah
bahwa....
a.
kekuatan nilai-nilai Pancasila
sangat menyentuh perasaan kemanusiaan bangsa Indonesia yang berakhlak mulia dan
berbudi luhur
b.
secara subjektif nilai-nilai
Pancasila menyangkut pola perilaku hidup manusia Indonesia dalam kehidupan
berbangsa dna bernegara
c.
nilai-nilai Pancasila timbul dari
bangsa Indonesia, sehingga bangsa Indonesia sebagai penyebab adanya nilai-nilai
tersebut
d.
Pancasila dibuat dna disusun oleh
bangsa Indonesia sejak zaman dahulu dan berkembang mengikuti zaman
8.
Maksud dari Pancasila sebagai sumber
nilai bagi manusia Indonesia adalah bahwa Pancasila sebagai....
a.
pusat pandangan hidup bangsa dalam
menjalankan roda pemerintah negara dan kehidupan bermasyarakat
b.
sumber kekuatan nilai dalam
menghadapi berbagai aspek kehidupan
c.
pusat segala tindakan dan perilaku
bangsa Indonesia untuk menjalankan hidupnya dalam masyarakat dan negara
d.
sumber acuan dalam benrtingkah laku
dan bertindak dalam menentukan dan menyusun tata aturan hidup berbangsa dan
bernegara
9.
Pancasila sebagai ideologi atau
pandangan hidup berisi konsep dasar mengenai kehidupan yang....
a.
diharapkan para pemimpin bangsa
b.
diidam-idamkan masyarakat Indonesia
c.
diidolakan oleh generasi muda
d.
dicita-citakan oleh bangsa Indonesia
10. Setiap
warga negara Indonesia wajib menjaga kemurnian Pancasila dengan tetap....
a.
terbuka terhadap nilai-nilai baru
b.
memperhatikan
adat-istiadat
c.
menghargai kebudayaan daerah
d.
menghormati ajaran agama
11. Bangga
sebagai bangsa Indonesia merupakan contoh pengamalan Pancasila sila ke....
a.
1 c. 3
b.
2 d. 5
12. Nilai-nilai
yang terkandung didalam Pancasila sila ke-3, antara lain....
a.
mencintai tanah air dan bangsa
b.
suka bekerja keras
c.
mempelajari semua kebudayaan daerah
d.
suka memberi pertolongan kepada
orang lain
13. Pancasila
sila kedua membimbing manusia untuk....
a.
mencintai sesama manusia
b.
menghargai orang yang lebih tua
c.
mengasihi orang yang sopan
d.
bergaul akrab dengan teman
14. Pancasila
sila ke-4 memberi tuntunan kepada manusia agar....
a.
menghargai pendapat orang lain
b.
ttdak bergaya hidup mewah
c.
suka bekerja keras
d.
menghormati keputusan pimpinan
15. Pancasila
sebagai ideologi terbuka adalah bahwa nilai-nilai dasarnya tetap, namun
penjabarannya dapat dijabarkan secara dinamis dan kreatif sesuai dengan....
a.
keinginan para pemimpin negara yang berkuasa
b.
taraf hidup dan kesejahteraan rakyat
Indonesia
c.
kebutuhan perkembangan masyarakat
Indonesia
d.
pendapat para ilmuan dan tokoh masyarakat
16. Sikap
yang perlu kita kembangkan demi kelestarian ideologi Pancasila adalah....
a.
menghayati,
meyakini dan mengamalkan Pancasila
b.
membandingkan ideologi Pancasila
dengan ideologi lain
c.
mengambil inti sari dari nilai-nilai
Pancasila
d.
mengkaji nilai-nilai Pancasila
melalui seminar
17. Setiap
warga masyarakat wjaib mengembangkan perilaku positif terhadap Pancasila
berarti wajib....
a.
mengamalkan Pancasila c. menghapal rumusan Pancasila
b.
menyebarluaskan Pancasila d. mempelajari makna Pancasila
18. Sikap
positif terhadap nilai-nilai Pancasila berarti sikap yang baik dalam menanggapi
dan....
a.
memelajari nilai-nilai pancasila
agar menjadi orang yang cerdas
b.
membandingkan nilai-nilai pancasila
dengan ajaran ideologi lain
c.
mengamalkan nilai-nilai pancasila
dalam kehidupan sehari-hari
d.
mengkaji dengan sungguh-sungguh
rumusan pancasila apakah sudah tepat
19. Contoh
peran serta warga negara dalam mempertahankan Pancasila dalam lingkungan
masyarakat, yaitu....
a.
mengikuti kegiatan para pemuda
b.
menuruti permintaan tetangga
c.
suka mengalah dalam pergaulan
d.
mengembangkan sikap toleransi
20. Anggota
masyarakat memiliki perilaku posifit terhadap Pancasila akan berusaha memenuhi
peraturan yang....
a.
sesuai dengan kehendak masyarakat
b.
tidak memberatkan kehidupan
masyarajat
c.
berlaku
di dalam masyarakat
d.
dibuat oleh tokoh masyarakat
21. Warga
negara yang baik akan....
a.
mengembangkan sikap kekeluargaan di
natara sesama warga masyarakat
b.
suka memberi pertolongan kepada
orang lain yang pernah menolong
c.
menghormati ketua RT/RW meskipun ia
melakukan kejahatan
d.
selalu mengalah di dalam pergaulan
dengan teman
22. Para
tokoh masyarakat yang berjiwa pancasila akan....
a.
menanggapi bahwa orang yang memiliki
jabatan memang harus lebih dihormati
b.
bersedia menghormati orang yang
lebih tua
c.
memandang bahwa seluruh anggota
masyarakat memiliki derajat yang sama
d.
berpendapat bahwa anggota masyarakat
wajib tunduk kepada tokoh masyarakat
23. Kewajiban
seorang siswa terhadap Pancasila yaitu....
a.
mengenang para penggali nilai-nilai
Pancasila
b.
mempelajari, mengamalkan, dan
mempertahankan Pancasila
c.
mengkaji kebenaran Pancasila melalui
diskusi kelompok
d.
mempelajari sejarah lahirnya
pancasila
24. Perilaku
positif terhadap Pancasila di dalam
keluarga dapat ditunjukkan dengan sikap....
a.
menyimpan buku-buku yang menjelaskan
tentang Pancasila
b.
menghormati anggota keluarga yang
lebih tua
c.
jarang bepergian agar bisa berkumpul
dengan anggota keluarga
d.
saling
mencintai sesama anggota keluarga
25. Contoh
perilaku positif terhadap pancasila di dalam kehidupan keluarga yaitu....
a.
seorang anak harus menurut perintah
orang tua meskipun salah
b.
menjaga keamanan dan ketertiban
lingkungan keluarga
c.
seorang kakak harus memenuhi
kebutuhan adiknya
d.
ayah dan ibu harus memenuhi
permintaan anak
26. Apabila
ada kelompok warga masyarakat yang melakukan kegiatan yang bertentangan dengan
Pancasila harus kita laporkan kepada....
a.
Tentara c. Yang Berwajib
b.
Anggota DPR d. RT/RW
27. Fungsi
yang menentukan bahwa tanpa dasar cinta hukum, maka hukum yang dibuat akan
kehilangan makna sebagai hukum, merupakan fungsi....
a.
Konstitutif c. Objektif
b.
Regulatif d. Subjektif
28. Cinta
hukum menguji apakah hukum yang dibuat adil atau tidak bagi masyarakat,
merupakan fungsi....
a.
Konstitutif c. Objektif
b.
Regulatif d. Subjektif
29. Berikut
ini wujud perilaku positif terhadap Pancasila dalam kehidupan masyarakat, kecuali....
a.
menjaga persatuan dan kesatuan
diantara sesama warga masyarakat
b.
tidak membeda-bedakan teman di dalam
pergaulan
c.
saling mencintai sesama warga
masyarakat
d.
bertekad mematuhi peraturan dalam
masyarakat
30. Berikut
ini perilaku terhadap sila kelima
Pancasila, kecuali....
a.
perilaku yang adil dalam berbagai
kehidupan/tidak diskriminasi
b.
kemakmuran masyarakat yang berkeadilan
c.
keseimbangan yang adil antara
kehidupan pribadi dan masyarakat
d.
menghargai harkat dan martabat
manusia yang sederajat
Komentar
Posting Komentar