3.Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 
Silanglah huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang benar!
1.      Perhatikan nama-nama tokoh pejuang berikut!
1)      Mr. Mohammad Yamin
2)      Prof. Soepomo
3)      Ir. Soekarno
4)      Drs. Moh. Hatta
Dari tokoh-tokoh pejuang di atas, tokoh perumus Pancasila yang memberikan pendapatnya dalam sidang BPUPKI ditunjukkan oleh nomor ....
a.       1), 2), dan 3)                                            c. 2) dan 4)
b.      1) dan 3)                                                  d. 4)
2.      Pancasila memberikan corak khas bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yangmembedakan bangsa kita dengan bangsa yang lain, pernyataan ini merupakanfungsi dan peranan Pancasila sebagai ....
a.       jiwa bangsa Indonesia                              c. kepribadian bangsa Indonesia
b.      perjanjian luhur                                        d. Moral pembangunan
3.      Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan ....
a.       norma dasar yang menjadi pedoman hidup manusia Indonesia
b.      penjabaran dari pola perilaku hidup manusia Indonesia
c.       cara pandang bangsa Indonesia dalam menghadapi kemerdekaan
d.      kristalisasi nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat Indonesia
4.      Pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa Pancasila menjadi ....
a.       nilai-nilai yang didalamnya mengandung unsur-unsur kenegaraan yang tinggi
b.      suatu asas kerohanian yang meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum
c.       sumber acuan dalam menyusun etika kehidupan berbangsa bagi seluruh rakyat Indonesia
d.      landasan politik yang menghindarkan praktik-praktik politik tak bermoral dan tak bermartabat
5.      Pancasila memiliki makna sebagai sumber semangat bagi Undang-Undang Dasar 1945, bagi penyelenggara negara, para pelaksana pemerintahan termasuk juga para pengurus partai politik dan golongan fungsional. Makna tersebut menunjukkan keduudkan Pancasila sebagai....
a.       dasar negara
b.      pandangan hidup bangsa
c.       ideologi bangsa
d.      cita-cita hidup bangsa
6.      Salah satu maksud dari nilai-nilai Pancasila bersifat objektif adalah....
a.       bersifat luwes dan dapat menyesuaikan perkembangan jaman sesuai dengan perkembangan masyarakat
b.      nilai-nilai Pancasila timbul dari bangsa Indonesia, sehingga bangsa Indonesia sebagai penyebab adanya nilai-nilai tersebut
c.       objek dari nilai-nilai Pancasila merupakan kehidupan nyata sehari-hari yang terjadi di masyarakat
d.      rumusan dari sila-sila Pancasila itu sendiri memiliki makna yang terdalam menunjukkan adanya sifat-sifat yang umum universal dan  abstrak
7.      Salah satu maksud dari nilai-nilai Pancasila bersifat  subjektif adalah bahwa....
a.       kekuatan nilai-nilai Pancasila sangat menyentuh perasaan kemanusiaan bangsa Indonesia yang berakhlak mulia dan berbudi luhur
b.      secara subjektif nilai-nilai Pancasila menyangkut pola perilaku hidup manusia Indonesia dalam kehidupan berbangsa dna bernegara
c.       nilai-nilai Pancasila timbul dari bangsa Indonesia, sehingga bangsa Indonesia sebagai penyebab adanya nilai-nilai tersebut
d.      Pancasila dibuat dna disusun oleh bangsa Indonesia sejak zaman dahulu dan berkembang mengikuti zaman
8.      Maksud dari Pancasila sebagai sumber nilai bagi manusia Indonesia adalah bahwa Pancasila sebagai....
a.       pusat pandangan hidup bangsa dalam menjalankan roda pemerintah negara dan kehidupan bermasyarakat
b.      sumber kekuatan nilai dalam menghadapi berbagai aspek kehidupan
c.       pusat segala tindakan dan perilaku bangsa Indonesia untuk menjalankan hidupnya dalam masyarakat dan negara
d.      sumber acuan dalam benrtingkah laku dan bertindak dalam menentukan dan menyusun tata aturan hidup berbangsa dan bernegara
9.      Pancasila sebagai ideologi atau pandangan hidup berisi konsep dasar mengenai kehidupan yang....
a.       diharapkan para pemimpin bangsa
b.      diidam-idamkan masyarakat Indonesia
c.       diidolakan oleh generasi muda
d.      dicita-citakan oleh bangsa Indonesia
10.  Setiap warga negara Indonesia wajib menjaga kemurnian Pancasila dengan tetap....
a.       terbuka terhadap nilai-nilai baru
b.      memperhatikan adat-istiadat
c.       menghargai kebudayaan daerah
d.      menghormati ajaran agama
11.  Bangga sebagai bangsa Indonesia merupakan contoh pengamalan Pancasila sila ke....
a.       1                                                   c.  3
b.      2                                                   d.  5
12.  Nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila sila ke-3, antara lain....
a.       mencintai tanah air dan bangsa
b.      suka bekerja keras
c.       mempelajari semua kebudayaan daerah
d.      suka memberi pertolongan kepada orang lain
13.  Pancasila sila kedua membimbing manusia untuk....
a.       mencintai sesama manusia
b.      menghargai orang yang lebih tua
c.       mengasihi orang yang sopan
d.      bergaul akrab dengan teman
14.  Pancasila sila ke-4 memberi tuntunan kepada manusia agar....
a.       menghargai pendapat orang lain
b.      ttdak bergaya hidup mewah
c.       suka bekerja keras
d.      menghormati keputusan pimpinan
15.  Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah bahwa nilai-nilai dasarnya tetap, namun penjabarannya dapat dijabarkan secara dinamis dan kreatif sesuai dengan....
a.       keinginan para pemimpin negara yang berkuasa
b.      taraf hidup dan kesejahteraan rakyat Indonesia
c.       kebutuhan perkembangan masyarakat Indonesia
d.      pendapat para ilmuan dan tokoh  masyarakat
16.  Sikap yang perlu kita kembangkan demi kelestarian ideologi Pancasila adalah....
a.       menghayati, meyakini dan mengamalkan Pancasila
b.      membandingkan ideologi Pancasila dengan ideologi lain
c.       mengambil inti sari dari nilai-nilai Pancasila
d.      mengkaji nilai-nilai Pancasila melalui seminar
17.  Setiap warga masyarakat wjaib mengembangkan perilaku positif terhadap Pancasila berarti wajib....
a.       mengamalkan Pancasila                c.  menghapal rumusan Pancasila
b.      menyebarluaskan Pancasila                      d.  mempelajari makna Pancasila
18.  Sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila berarti sikap yang baik dalam menanggapi dan....
a.       memelajari nilai-nilai pancasila agar menjadi orang yang cerdas
b.      membandingkan nilai-nilai pancasila dengan ajaran ideologi lain
c.       mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari
d.      mengkaji dengan sungguh-sungguh rumusan pancasila apakah sudah tepat
19.  Contoh peran serta warga negara dalam mempertahankan Pancasila dalam lingkungan masyarakat, yaitu....
a.       mengikuti kegiatan para pemuda
b.      menuruti permintaan tetangga
c.       suka mengalah dalam pergaulan
d.      mengembangkan sikap toleransi
20.  Anggota masyarakat memiliki perilaku posifit terhadap Pancasila akan berusaha memenuhi peraturan yang....
a.       sesuai dengan kehendak masyarakat
b.      tidak memberatkan kehidupan masyarajat
c.       berlaku di dalam masyarakat
d.      dibuat oleh tokoh masyarakat
21.  Warga negara yang baik akan....
a.       mengembangkan sikap kekeluargaan di natara sesama warga masyarakat
b.      suka memberi pertolongan kepada orang lain yang pernah menolong
c.       menghormati ketua RT/RW meskipun ia melakukan kejahatan
d.      selalu mengalah di dalam pergaulan dengan teman
22.  Para tokoh masyarakat yang berjiwa pancasila akan....
a.       menanggapi bahwa orang yang memiliki jabatan memang harus lebih dihormati
b.      bersedia menghormati orang yang lebih tua
c.       memandang bahwa seluruh anggota masyarakat memiliki derajat yang sama
d.      berpendapat bahwa anggota masyarakat wajib tunduk kepada tokoh masyarakat
23.  Kewajiban seorang siswa terhadap Pancasila yaitu....
a.       mengenang para penggali nilai-nilai Pancasila
b.      mempelajari, mengamalkan, dan mempertahankan Pancasila
c.       mengkaji kebenaran Pancasila melalui diskusi kelompok
d.      mempelajari sejarah lahirnya pancasila
24.  Perilaku positif terhadap Pancasila  di dalam keluarga dapat ditunjukkan dengan sikap....
a.       menyimpan buku-buku yang menjelaskan tentang Pancasila
b.      menghormati anggota keluarga yang lebih tua
c.       jarang bepergian agar bisa berkumpul dengan anggota keluarga
d.      saling mencintai sesama anggota keluarga
25.  Contoh perilaku positif terhadap pancasila di dalam kehidupan keluarga yaitu....
a.       seorang anak harus menurut perintah orang tua meskipun salah
b.      menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan keluarga
c.       seorang kakak harus memenuhi kebutuhan adiknya
d.      ayah dan ibu harus memenuhi permintaan anak
26.  Apabila ada kelompok warga masyarakat yang melakukan kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila harus kita laporkan kepada....
a.       Tentara                                                     c.  Yang Berwajib
b.      Anggota DPR                                            d.  RT/RW
27.  Fungsi yang menentukan bahwa tanpa dasar cinta hukum, maka hukum yang dibuat akan kehilangan makna sebagai hukum, merupakan fungsi....
a.       Konstitutif                                                c.  Objektif
b.      Regulatif                                                   d.  Subjektif
28.  Cinta hukum menguji apakah hukum yang dibuat adil atau tidak bagi masyarakat, merupakan fungsi....
a.       Konstitutif                                                c.  Objektif
b.      Regulatif                                                   d.  Subjektif
29.  Berikut ini wujud perilaku positif terhadap Pancasila dalam kehidupan masyarakat, kecuali....
a.       menjaga persatuan dan kesatuan diantara sesama warga masyarakat
b.      tidak membeda-bedakan teman di dalam pergaulan
c.       saling mencintai sesama warga masyarakat
d.      bertekad mematuhi peraturan dalam masyarakat
30.  Berikut ini perilaku terhadap sila kelima  Pancasila, kecuali....
a.       perilaku yang adil dalam berbagai kehidupan/tidak diskriminasi
b.      kemakmuran masyarakat yang berkeadilan
c.       keseimbangan yang adil antara kehidupan pribadi dan masyarakat
d.      menghargai harkat dan martabat manusia yang sederajat

Komentar

Postingan populer dari blog ini