10.Kebangkitan
Nasional 1908
Pilihlah salah satu jawaban yang benar
1. Peranan pemuda pada pergerakan Nasional
Indonesia dimulai pada….
a. 2 Mei
1908 c.20 Mei
1908
b. 28 Oktober 1908 d.28 Oktober 1928
2.
Setelah
berdirinya Budi Utomo sebagai organisasi perjuangan pertama yang bersifat
nasional, organisasi pemuda kedua yang terbentuk adalah Trikoro Dharmo.
Sebagaimana Budi utomo,
Trikoro Dharmo ini juga punya tujuan ornanisasi
yang baik yaitu….
a.
Menggalang
persatuan seluruh pemuda pemudi se Indonesia
b.
Membentuk
budi pekerti yang Pancasilais
c.
Mendidik
para pemuda untuk berbudaya trampil
d.
Menggalang
persatuan pemuda Jawa, Madura, Bali, Lombok dan Sunda
3.
Konggres
Pemuda pertama di Indonesia dilaksanakan pada tanggal….
a. 30 April
1926 – 2 Mei 1926 c. 18 Mei 1908 – 20 Mei 1908 b. 27 – 28 Oktober 1928` d. 18 –
20 Mei 1928
4.
Perhatikan
pernyataan berikut ini !
1). Mendidik anggotanya agar mampu membangun
Jawa Raya
2). Mendidik anggotanya agar mampu membangun
Indonesia Raya
3). Mempererat persatuan dan kesatuan pemuda
Jawa
4) Mempererat persatuan dan kesatuan seluruh
rakyat Indonesia
5). Menumbuhkan rasa cinta pada budaya sendiri
Jong Java sebagai salah satu organisasi pemuda
yang ikut dalam perjuangan kemerdekaan
Indonesia di bentuk dengan tujuan….
a.
|
1 , 2, 3
|
c. 1 , 3, 5
|
b.
|
2, 4, 5
|
d. 1 , 3, 5
|
|
|
|
5.
Gerakan
pemuda Indonesia yang bersifat kedaerahan dalam memperjuangkan kemerdekaan
Indonesia ada yang merupakan organisasi wanita diantaranya….
a.
Puteri
Indonesia dan organisasi wanita taman siswa
b.
Organisasi
wanita taman siswa dan Jong Celebes
c.
Wanita
Sarekat Ambon dan Jong Islaminten bond
d.
Puteri
Indonesia danj Jong Islaminten Bond
6.
PPPI
sebagai organisasi pemuda yang anggotanya terdiri dari para pemuda sekolah
tinggi ,
menerbitkan sebuah majalah dengan pimpinan
redaksi Abu Hanifah yang dikenal dengan nama
majalah….
a. Indonesia Merdeka c. Indonesia Raya
b. Indonesia Tanah Airku d. Indonesia
7.
Kongres
Pemuda II terdiri dari tiga tahap pelaksanaan yang setiap tahapnya berada di
tempat yang berbeda. Tahap ketiga sebagai penutup konggres dilaksanakan di…..
a.
Gedung
Katholieke Jongelingen Bond di Waterlooplien
b.
Oos
Java Bioscoop di Konigsplein Noord
c.
Gedung
Kramat 106
d.
Jalan
Pegangsaan Timur 56 Jakarta
8.
Perhatikah
pernyataan berikut ini !
1).
Melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia,
2). Membentuk badan sentral organisasi pemuda
Indonesia
3).
Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia,
4).
Memajukan paham persatuan kebangsaan
5).
Memperkuat kesadaran kebangsaan Indonesia dan memperteguh persatuan
Indonesia
6). Mempererat hubungan diantara semua
perkumpulan pemuda kebangsaan
a.
|
1 , 2, 3
|
c. 1 , 3, 5
|
b.
|
2, 4, 6
|
d. 1 , 2, 5
|
9.
Ada
lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa,
hukum adat, pendidikan, dan kemauan. Pendapat ini di kemukakan oleh….
a. M. Yamin b.
Ir Soekarno
b. GN Sugondo Djojopuspito d. Purnomowoelan
10. Pada siding tahap ketiga Ramelan mengemukakan,
gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan
kepanduan dibutuhkan dalam perjuangan karena…..
a.
Kepanduan
sama dengan Pramuka
b.
Kepanduan
mempelajari ketrampilan
c.
Kepanduan
mengajarkan kedisiplinan
d.
d.
Kepanduan merupakan organisasi resmi yang diakui Belanda
11. Tokoh pemuda yang tidak menyetujui Bahasa
Melayu sebagai Bahasa persatuan adalah…..
a.
M. Yamin c. Tabrani Soerjowitjitro b. Ir Soekarno d. Siti Sundari
12. Pemerintah Belanda menertawakan keputusan
Konggres Pemuda II yang menyatakan Bahasa persatuan kita adalah Bahasa
Indonesia. Hal ini dikarenakan…..
a.
Belanda
dapat merubah keputusan sewaktu-waktu dengan kekuatan senjatanya
b.
Belanda
menganggap enteng dengan perjuangan bangsa Indonesia
c.
Belanda
merasa masih mampu memecah belah bangsa Indonesia
d.
Belanda
melihat bahwa selama sidang mereka menggunakan Bahasa belanda dan Bahasa daerah
13. Pada Konggres Pemuda II pertama kali
dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
a. Sin Po c.
Kompas
b. Majalah Indonesia Raya d. Majalah Indonesia Merdeka
14.
Sumpah
Pemuda bukan hanya sebuah rangkaian kata untuk menggerakkan para pemuda dalam
mencapai kemerdekaan tapi Sumpah pemuda sangat berarti bagi bangsa Indonesia di
masa lalu dan di masa kini karena…..
a.
Kata
– katanya indah dan mengesankan
b.
Semangat
persatuan yang ada di dalamnya harus hidup hingga saat ini
c.
Karya
sejarah yang perlu di dokumentasikan
d.
Bahasa
yang di pakai indah dan perlu ditiru
15. Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia,
pengertian ”Persatuan Indonesia” adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai
sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan Indonesia. Hal itu tercantum
dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi. ”Dan perjuangan pergerakan
Indonesia telah
sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantarkan
rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang
merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.
Pembinaan
Persatuan dapat dilakukan dengan jalan menumbuhkan rasa tempat kelahiran,
keterikatan sejarah, keterikatan kondisi dalam menghadapi masalah. Hal ini
biasa disebut
dengan……
a. Perasaan senasib b. bangkitnya semangat juang
b. Perasaan sama – sama terpuruk d. Kebangkitan nasional
16. Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang merupakan konsensus nasional menjadi panduan penting dalam
menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perjalanan sejarah sampai
saat ini. Berbagai peristiwa pengkhianatan berupa pemberontakan, gerakan separatis
yang dilakukan oleh berbagai kelompok masyaraka. Para pemuda dengan semangat
tanpa pamrih memperjuangkan kebangkitan dan kejayaan Indonesia sampai saat ini
dengan cara….
a.
Mengadopsi
nilai-nilai budaya asing agar tidak ketinggalan zaman
b.
Meningkatkan
sikap fragmatisme dan hedonism
c.
Acuh
tak acuh terhadap pedoman agama
d.
Meningkatkan
Patriotisme dan nasionalisme
17. Sikap positif yang berkaitan dengan nilai-nilai
kebangsaan yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 adalah Perlindungan terhadap masyarakat dalam beraktivitas menuju
kemakmuran yang biasa disebut dengan nilai…..
a.
Religius c. Kemanusiaan b. Produktifitas
d.keseimbangan
18. Dalam Nilai Demokrasi, Kedaulatan berada di
tangan rakyat, berarti setiap warga negara memiliki kebebasan yang bertanggung
jawab terhadap penyelenggaraan pemerintahan sehingga dapat terwujud persatuan
dan kesatuan Indonesia. Pilar utama dalam membangun persatuan dan kesatuan
bangsa dalam masyarakat, adalah ….
a.
Pemahaman
yang benar atas realitas adanya perbedaan dalam keberagaman
b.
Perlindungan
terhadap masyarakat dalam beraktivitas menuju kemakmuran
c.
Mengembangkan
sikap tenggang rasa
d.
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan
19. Kita bangga menjadi bangsa Indonesia. Alasan
utama kita bangga menjadi bangsa Indonesia adalah karena kita lahir dan besar
di negeri Indonesia. Oleh karenanya, kita harus mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia. Bangga kita pada bangsa Indonesia juga karena kita punya
banyak keunggulan keunggulan yang patut di banggakan diantaranya adalah……
a.
Tenaga
kerja yang banyak walaupun tidak berkwalitas
b.
Sumpah
pemuda yang mampu memberi semangat untuk melepaskan diri dari penjajah
c.
Kekayaan
alam yang melimpah walaupun belum mampu mengelolah dengan baik
d.
Keindahan
alam yang luar biasa walaupun belum ada kesadaran untuk membersihkan sampah
20. Memajukan bangsa Indonesia bagi seorang pelajar
dimulai dengan belajar sungguh-sungguh. Apabila kita kaji, prestasi anak
Indonesia dalam dunia pendidikan sudah sangat luar biasa. Prestasi tersebut
bukan hanya akan menjadi kebanggaan pribadi, tetapi menjadi kebanggaan bagi
bangsa dan negara. Prestasi pelajar Indonesia di bidang olah raga di antaranya
seperti berikut ini.
a.
Juara
Umum ASEAN Primary School Sport Olympiad
(APSSO) II Tahun 2008
b.
Olimpiade
Komputer Indonesia (TOKI) 2009
c.
International Olympic in Informatics (IOI)
d.
International Physics Olympiad (Ipho 2010)
Komentar
Posting Komentar