10.Kebangkitan Nasional 1908
      Pilihlah salah satu jawaban yang benar
1.   Peranan pemuda pada pergerakan Nasional Indonesia dimulai pada….
a.   2 Mei 1908                              c.20 Mei 1908
b.   28 Oktober 1908                     d.28 Oktober 1928

2.      Setelah berdirinya Budi Utomo sebagai organisasi perjuangan pertama yang bersifat nasional, organisasi pemuda kedua yang terbentuk adalah Trikoro Dharmo. Sebagaimana Budi utomo,

Trikoro Dharmo ini juga punya tujuan ornanisasi yang baik yaitu….
a.       Menggalang persatuan seluruh pemuda pemudi se Indonesia

b.      Membentuk budi pekerti yang Pancasilais
c.       Mendidik para pemuda untuk berbudaya trampil
d.      Menggalang persatuan pemuda Jawa, Madura, Bali, Lombok dan Sunda

3.      Konggres Pemuda pertama di Indonesia dilaksanakan pada tanggal….

a. 30 April 1926 – 2 Mei 1926 c. 18 Mei 1908 – 20 Mei 1908 b. 27 – 28 Oktober 1928` d. 18 – 20 Mei 1928

4.      Perhatikan pernyataan berikut ini !
1). Mendidik anggotanya agar mampu membangun Jawa Raya

2). Mendidik anggotanya agar mampu membangun Indonesia Raya
3). Mempererat persatuan dan kesatuan pemuda Jawa
4)  Mempererat persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia
5).  Menumbuhkan rasa cinta pada budaya sendiri
Jong Java sebagai salah satu organisasi pemuda yang ikut dalam perjuangan kemerdekaan

Indonesia di bentuk dengan tujuan….
a.
1 , 2, 3
c. 1 , 3, 5
b.
2, 4, 5
d. 1 , 3, 5



5.      Gerakan pemuda Indonesia yang bersifat kedaerahan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ada yang merupakan organisasi wanita diantaranya….

a.       Puteri Indonesia dan organisasi wanita taman siswa

b.      Organisasi wanita taman siswa dan Jong Celebes
c.       Wanita Sarekat Ambon dan Jong Islaminten bond
d.      Puteri Indonesia danj Jong Islaminten Bond
6.      PPPI sebagai organisasi pemuda yang anggotanya terdiri dari para pemuda sekolah tinggi ,

menerbitkan sebuah majalah dengan pimpinan redaksi Abu Hanifah yang dikenal dengan nama
majalah….
a.   Indonesia Merdeka                              c. Indonesia Raya
b.   Indonesia Tanah Airku                        d. Indonesia

7.      Kongres Pemuda II terdiri dari tiga tahap pelaksanaan yang setiap tahapnya berada di tempat yang berbeda. Tahap ketiga sebagai penutup konggres dilaksanakan di…..

a.       Gedung Katholieke Jongelingen Bond di Waterlooplien
b.      Oos Java Bioscoop di Konigsplein Noord

c.       Gedung Kramat 106
d.      Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta
8.      Perhatikah pernyataan berikut ini !
1).  Melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia,

2). Membentuk badan sentral organisasi pemuda Indonesia
3).  Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia,
4).  Memajukan paham persatuan kebangsaan
5).  Memperkuat kesadaran kebangsaan Indonesia dan memperteguh persatuan Indonesia

6). Mempererat hubungan diantara semua perkumpulan pemuda kebangsaan

a.
1 , 2, 3
c. 1 , 3, 5
b.
2, 4, 6
d. 1 , 2, 5

9.      Ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan. Pendapat ini di kemukakan oleh….

a.   M. Yamin                                            b. Ir Soekarno
b.   GN Sugondo Djojopuspito                   d. Purnomowoelan

10.  Pada siding tahap ketiga Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan dibutuhkan dalam perjuangan karena…..

a.       Kepanduan sama dengan Pramuka
b.      Kepanduan mempelajari ketrampilan

c.       Kepanduan mengajarkan kedisiplinan
d.      d. Kepanduan merupakan organisasi resmi yang diakui Belanda

11.  Tokoh pemuda yang tidak menyetujui Bahasa Melayu sebagai Bahasa persatuan adalah…..

a. M. Yamin c. Tabrani Soerjowitjitro b. Ir Soekarno d. Siti Sundari

12.  Pemerintah Belanda menertawakan keputusan Konggres Pemuda II yang menyatakan Bahasa persatuan kita adalah Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan…..

a.       Belanda dapat merubah keputusan sewaktu-waktu dengan kekuatan senjatanya

b.      Belanda menganggap enteng dengan perjuangan bangsa Indonesia
c.       Belanda merasa masih mampu memecah belah bangsa Indonesia

d.      Belanda melihat bahwa selama sidang mereka menggunakan Bahasa belanda dan Bahasa daerah

13.  Pada Konggres Pemuda II pertama kali dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

a.   Sin Po                                                  c. Kompas
b.   Majalah Indonesia Raya                      d. Majalah Indonesia Merdeka

14.  Sumpah Pemuda bukan hanya sebuah rangkaian kata untuk menggerakkan para pemuda dalam mencapai kemerdekaan tapi Sumpah pemuda sangat berarti bagi bangsa Indonesia di masa lalu dan di masa kini karena…..

a.       Kata – katanya indah dan mengesankan
b.      Semangat persatuan yang ada di dalamnya harus hidup hingga saat ini
c.       Karya sejarah yang perlu di dokumentasikan
d.      Bahasa yang di pakai indah dan perlu ditiru

15.  Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, pengertian ”Persatuan Indonesia” adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan Indonesia. Hal itu tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi. ”Dan perjuangan pergerakan

Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Pembinaan Persatuan dapat dilakukan dengan jalan menumbuhkan rasa tempat kelahiran, keterikatan sejarah, keterikatan kondisi dalam menghadapi masalah. Hal ini biasa disebut
dengan……

a.   Perasaan senasib                                  b. bangkitnya semangat juang

b.   Perasaan sama – sama terpuruk           d. Kebangkitan nasional

16.  Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang merupakan konsensus nasional menjadi panduan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perjalanan sejarah sampai saat ini. Berbagai peristiwa pengkhianatan berupa pemberontakan, gerakan separatis yang dilakukan oleh berbagai kelompok masyaraka. Para pemuda dengan semangat tanpa pamrih memperjuangkan kebangkitan dan kejayaan Indonesia sampai saat ini dengan cara….

a.       Mengadopsi nilai-nilai budaya asing agar tidak ketinggalan zaman

b.      Meningkatkan sikap fragmatisme dan hedonism

c.       Acuh tak acuh terhadap pedoman agama

d.      Meningkatkan Patriotisme dan nasionalisme

17.  Sikap positif yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah Perlindungan terhadap masyarakat dalam beraktivitas menuju kemakmuran yang biasa disebut dengan nilai…..
a. Religius c. Kemanusiaan b. Produktifitas d.keseimbangan

18.  Dalam Nilai Demokrasi, Kedaulatan berada di tangan rakyat, berarti setiap warga negara memiliki kebebasan yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pemerintahan sehingga dapat terwujud persatuan dan kesatuan Indonesia. Pilar utama dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam masyarakat, adalah ….

a.       Pemahaman yang benar atas realitas adanya perbedaan dalam keberagaman
b.      Perlindungan terhadap masyarakat dalam beraktivitas menuju kemakmuran
c.       Mengembangkan sikap tenggang rasa
d.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan

19.  Kita bangga menjadi bangsa Indonesia. Alasan utama kita bangga menjadi bangsa Indonesia adalah karena kita lahir dan besar di negeri Indonesia. Oleh karenanya, kita harus mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangga kita pada bangsa Indonesia juga karena kita punya banyak keunggulan keunggulan yang patut di banggakan diantaranya adalah……

a.       Tenaga kerja yang banyak walaupun tidak berkwalitas
b.      Sumpah pemuda yang mampu memberi semangat untuk melepaskan diri dari penjajah

c.       Kekayaan alam yang melimpah walaupun belum mampu mengelolah dengan baik

d.                  Keindahan alam yang luar biasa walaupun belum ada kesadaran untuk membersihkan sampah

20.  Memajukan bangsa Indonesia bagi seorang pelajar dimulai dengan belajar sungguh-sungguh. Apabila kita kaji, prestasi anak Indonesia dalam dunia pendidikan sudah sangat luar biasa. Prestasi tersebut bukan hanya akan menjadi kebanggaan pribadi, tetapi menjadi kebanggaan bagi bangsa dan negara. Prestasi pelajar Indonesia di bidang olah raga di antaranya seperti berikut ini.

a.       Juara Umum ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) II Tahun 2008

b.      Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) 2009
c.       International Olympic in Informatics (IOI)
d.      International Physics Olympiad (Ipho 2010)

Komentar

Postingan populer dari blog ini