LATIHAN SOAL PPKN IX BAB 4
1.Semboyan
pemersatu bangsa Indonesia dari keberagaman yang ada adalah ....
a.Bhinneka Tunggal Ika
b.Garuda Pancasila
c.Puspa ragam bangsa
d.Karya Tnggal Ika
2.Indonesia
terdiri atas berbagai suku bangsa. Masing-masing suku bangsa memiliki ciri khas
dalam aspek ....
a.bahasa,kesenian,dan tradisi
b.keturunan
,budaya ,dan ideologi
c.budaya,kebangsaa,dan
ciri fisik
d.warna
kulit ,tradisi,dan mata pencarian
3.Semangat
persatuan dan kesatuanmelahirkan pendirian untuk menghormati ....
a.kepala suku
b.orang yg berkedudukan tinggi
c.perbedaan
d.aparat pemerintah
4.Persatuan
dikembangkan atas dasar ...
a.Hak asasi manusia
b.Peraturan Pemerintah
c.kemerdekaan
d.Bhinneka Tunggal Ika
5.Keanekaragaman
masyarakat disebut ...
a.Taman Indonesia Indah
b.Puspa ragam
c.tunggal ika
d.masyarakat majemuk
6.
Untuk menjaga kekrukunan hidup antar umat beragama adalah dengan toleransi
yaitu dengan jalan ...
a.Mentaati
segala aturan agamadan menjauhi laranganNya
b. Saling hormat-menghormati antar sesama umat
beragama
c.Berkewajiban menyatukan agama yang
berbeda-beda dimasyarakat
d.Harus menyiarkan ajaran agama nya
masing-masing dengan baik
7.Perilaku
kebangsaan dalam keberagaman suku bangsa,agama,ras dan antar golongan akan
membawa dampak yang positifdalam hidup bermasyarakat dan berbangsa seperti ....
a.menjaga
persatuan dan kesatuan bangsa
b.Orang
akan taat beribadah kepada Tuhan
c.menyebarkan
agama masing-masing
d.membayarkan
kewajiban kepada negara.
8.Penerapan
Sila Persatuan Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat adalah....
a.berbuat sesuai kehendak sendiri
b.mempunyai
rasa sosial trhadap orang lain
c.acuh
tak acuh pada semua orang
d.mengutamakan
kepentingan pribadi dari pada kepentingan bangsa dan negara
9.Sikap
stereotifyang ditunjukkan masyarakat majemuk dapat menghambat proses integrasi.
Sikap iridilatarbelakangi oleh adanya perbedaan dalam ...
a.wilayah b.keturunan
c.agama d.kebudayaan
10.Masyarakat
indonesia adalah masyarakat yang majemuk atau multikultural.Kemajemukan
masyarakat indonesiaditandai dengan..
a.banyaknya suku ,budaya,dan agama
b.strategisnya letak wilayah indonesia
c.besarnya jumlah pnduduk indonesia
d.luasnya wilayah negara Indonesia
11.Sikap
yang harus dikembangkan untuk mewujudkan persatuan dalam keberagaman adalah ...
a.menghpuskan semua perbedaan
b.memandang
rendah suku dan budaya lain
c.menganggap
suku dan budaya sendiri yang paling baik
d.menerima
keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa
12.Salah
satu pengaruh primordialisme terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara adalah
....
a.menghambat integritas nasional
b.mempertajam
perbedaan pandangan
c.menghilakan
sentimen kedaerahan
d.membangkitkan
rasa permusuhan
13. Kemajemukan masyarakat Indonesia memiliki sumber yang paling dasar dalam keberagaman kondisi .…
a. ekonomi c. budaya
b. geografi s d. Politik
a. ekonomi c. budaya
b. geografi s d. Politik
14. Wujud toleransi yang dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat adalah …
a.adanya sikap fanatisme yang berlebihan
b.melaksanakan dan memahami ajaran agama lain
c.memberi bantuan kepada orang lain tanpa membedakan agama
d.mengakui tiap warga negara bebas menjalankan ibadahnya
a.adanya sikap fanatisme yang berlebihan
b.melaksanakan dan memahami ajaran agama lain
c.memberi bantuan kepada orang lain tanpa membedakan agama
d.mengakui tiap warga negara bebas menjalankan ibadahnya
15. Salah satu cara memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa dapatditempuh melalui ….
a.kerja sama intern umat beragama
b.hubungan baik antara pemuka agama
c.dialog antaragama yang berbeda
d.kerja sama antarumat beragama
a.kerja sama intern umat beragama
b.hubungan baik antara pemuka agama
c.dialog antaragama yang berbeda
d.kerja sama antarumat beragama
16. Siswa di Sekolah Menengah Pertama berasal dari berbagai suku bangsa. Mereka mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang sama. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa .…
a.setiap siswa berasal dari suku bangsa yang beraneka ragam
b.setiap suku bangsa mempunyai kesempatan memasuki sekolah
c.kes empatan mendapatkan pendidikan tidak dipengaruhi oleh perbedaan suku bangsa
d.hak mendapatkan pendidikan diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan semua suku bangsa
a.setiap siswa berasal dari suku bangsa yang beraneka ragam
b.setiap suku bangsa mempunyai kesempatan memasuki sekolah
c.kes empatan mendapatkan pendidikan tidak dipengaruhi oleh perbedaan suku bangsa
d.hak mendapatkan pendidikan diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan semua suku bangsa
17. Temanmu terdiri atas berbagai macam suku bangsa. Hal yang sebaiknya kamu lakukan dalam pergaulan disekolah adalah ….
a.bergaul dengan siapa saja
b.memilih teman yang pandai saja
c.bergaul dengan teman satu suku
d.tidak bergaul dengan siapa-siapa
a.bergaul dengan siapa saja
b.memilih teman yang pandai saja
c.bergaul dengan teman satu suku
d.tidak bergaul dengan siapa-siapa
18. Contoh perbuatan yang menunjukkan rasa bangga berbangsa Indonesia adalah ….
a.jalan-jalan ke luar negeri
b.memakai produk dalam negeri
c.menghormati para pejabat negara
d.memasang bendera di setiap sudut rumah
a.jalan-jalan ke luar negeri
b.memakai produk dalam negeri
c.menghormati para pejabat negara
d.memasang bendera di setiap sudut rumah
19. Mengembangkan sikap tenggang rasa dapat menumbuhkan ....
a.kebersihan dan keindahan
b.kejayaan bangsa
c.persatuan dan kesatuan
d.kesejahteraan warga
a.kebersihan dan keindahan
b.kejayaan bangsa
c.persatuan dan kesatuan
d.kesejahteraan warga
20. Sebagai bangsa yang memiliki keberagaman budaya, peranan
pendidikan multikultural sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan ....
a.kepribadian bangsa berdasarkan budaya baru
b.sikap toleransi terhadap perbedaan dalam masyarakat
c.perbedaan-perbedaan kebudayaan yang berkembang
d.budaya lokal yang ada agar tidak memudar
a.kepribadian bangsa berdasarkan budaya baru
b.sikap toleransi terhadap perbedaan dalam masyarakat
c.perbedaan-perbedaan kebudayaan yang berkembang
d.budaya lokal yang ada agar tidak memudar
21. Contoh membina rasa persatuan dan kesatuan bangsa di lingkungan sekolah dengan cara ....
a. mengadakan pentas seni daerah
a. mengadakan pentas seni daerah
b. melihat pameran pendidikan
c. meningkatkan gemar menabung
d. membuat peta Indonesia
c. meningkatkan gemar menabung
d. membuat peta Indonesia
22.Dibawah ini
yang bukan contoh
sikap untuk mencegah dan mengatasi konflik SARA adalah ....
a. Menanamkan sikap cinta kasih
b. Penegasan hukum yang berlaku.
c.Selalu
memberikan kelonggaran terhadap prilaku yang salah
d.Penanaman
kembali persatuan Indonesia dalam “Bhineka Tunggal Ika”.
23.Dibawah ini merupakan
bukti bahwa kita menjadi tuan rumah di negara sendiri, yaitu ....
a.Semakin
banyaknya produk dalam negeri yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita
sendiri bahkan negara lain seperti semen,
industri tekstil, timah, dan logam...
b.Kita
selalu mengimport hasil pertanian dari negara Thailan
c.Kita
seneng membeli barang yang bermerek Luar negeri
d.Kita
selalu menerima import barang-barang kerajinan dari negara Malaysia.
24.Dibawah
ini yang merupakan lambang pemersatu bangsa Indonesia beanekaragam adalah ....
a. Lagu –lagu daerah
b.Bendera Sang Merah Putih
c.Lagu Apuse dari Irian Jaya
d.Tari
Remo yang merupakan budaya Jawa Timur
25.Dibawah ini
yang bukan merupakan contoh permasalahan yang muncul dalam keberagaman
suku, agama, ras dan antargolongan adalah....
a.
Adanya tindakan kekerasan yang
dilakukan sekelompok Ras atau agama tertentu kepada Ras atau agama lain.
b.adanya
penindasan dari kelompok yang kaya
kepada kelompok masyarakat yang miskin.
c.adanya
sikap yang merasa dirinya paling baik
dan paling benar dari pada orang lain.
d.Selalu
bersikap apa adanya dengan menghormati dan menghargai orang lain.
B.Isilah titik-titik dibawah ini dengan
jawaban yang benar!
1.Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia diwujudkan dalam semboyan pada
lambangNegara Republik Indonesia, yaitu ............................................................. 2.Persatuan dan kesatuan yang dirintis oleh Budi Utomo ditegaskan lagi oleh para pemuda
melalui .............................................................
3.Suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas akan kesatuan
kebudayaan disebut .............................................................
4.Perasaan satu sebagai suatu bangsa, satu dengan seluruh warga yang ada dalam
masyarakat disebut .............................................................
5.Prinsip Bhinneka Tunggal Ika mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia
merupakan bangsa yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, agama, dan adat kebiasaan
yang .....
Komentar
Posting Komentar